e-Commerce dan dilema Pajak*

Perlu kearifan dan komitmen kuat untuk bisa mengambil kebijakan terkait tarif khusus, insentif, tax holiday bahkan penghapusan pajak bagi sektor-sektor yang disepakati bersama sebagai sektor dengan dampak luas dan menaungi hajat hidup orang banyak. Bagi sektor usaha, kebijakan ini diharap bisa  menumbuhkan dan memacu pertumbuhan UKM, tech startup agar bisa semakin bersaing di pasar global. Wacana terkait PPh 22 yang akan mengenakan tarif pajak sebesar 1.5% dari setiap transaksi e-commerce dirasa membebani dan menghilangkan daya saing. Sebagian besar pelaku bisnis menilai hal ini sebagai hal yang memberatkan setelah mereka juga dibebani pajak sebesar 1 % terhitung dari pendapatan Bruto dibawah 4,8 M dalam satu tahun pajak sesuai PP no 46 tahun 2013.

Dampak lain yang bisa terjadi dari besarnya beban pajak ini adalah mundurnya bisnis platform e-commerce lokal dan membuka peluang angin segar kepada platform e-commerce yang tidak terdaftar di dalam negeri. Soal Kesetaraan perlakuan pajak terhadap pelaku usaha asing (terutama layanan over the top) yang menikmati pasar indonesia dengan memberikan kemudahan dalam registrasi NPWP (meskipun tidak memiliki badan/perwakilan di Indonesia) bagi pelaku usaha asing sebagai pintu masuk untuk penarikan PPN. Jika perusaan asing tersebut tidak/belum memiliki identitas pajak di Indonesia/NPWP maka pengguna jasa dapat dikenakan potongan harga 10 % untuk kepentingan pembayaran pajak di Indonesia.

Aturan lain yang disoroti adalah pengenaan PPn terhadap pemberian cuma-cuma dalam bisnis model e-commerce Classified Ads dirasa tidak tepat. Dasar pengenaan PPN terhadap pemberian cuma-cuma (classified Ads) sebesar 10% dari besar biaya operasional perusahaan. Dampaknya dikhawatirkan akan mematikan bisnis classified Ads yang transaksinya dilakukan secara online. IDEA berharap dilakukan review dan ditariknya Surat Edaran terkait permasalahan ini karena dirasa telah menimbulkan ketidakpastian dasar pengenaan pajak terhadap model bisnis ini.

*Dikutip dari pemaparan IDEA

 

Diterbitkan oleh

arisk

laki-laki, udah itu aja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *